kajian centhini
Menu Utama


Kajian Centhini (109:1-4): Rincian (Ricikan) Keris
Pupuh 109, bait ke 1 sampai bait ke 4, Pangkur (8a, 11i, 8u, 7a, 12u, 8a, 8i.), Serat Centhini tentang kawruh Tosan Aji.
Kang ingaran êri pandhan, mêthit ganja nèng ngandhap dunungnèki, lir sirah êma[1] puniku, thingil ngandhap ri-pandhan, grènèng uga nèng ngandhap ri-pandhan iku, dhapur kadi aksara dha, tumurun rupane sami.
Kang ingaran ada-ada, kang dumunung ing têngah bênêr kêris, ing sor-soran têkèng pucuk, dhapure kadi sada.Gusèn iku pinggir wilah dunungipun, ing wuri miwah ing ngarsa, saking sor-soran witnèki,
nganti mèh tumêkèng pucak.De kang aran kruwingan dunungnèki, nèng ngarsa myang wingkingipun, kang aran ada-ada, jroning gusèn lêkok wrata wujudipun, wit sorsoran têkèng pucak. Dene ingkang aran êlis,
dumunung ana ing ngarsa, utawane dumunung anèng wuri, wujud lêkok wiyaripun, kurang luwih sasada, amung iku riricikane kang dhuwung. Cêbolang aris turira, pamor punika kang pundi.
Kajian per kata:
Kang (yang) ingaran (disebut) êri pandhan (êri pandhan), mêthit (di ujung) ganja (ganja) nèng (ada di) ngandhap (bawah) dunungnèki (letaknya), lir (seperti) sirah (kepala) êma (huruf Jawa ma) puniku (itu), thingil (rhingil) ngandhap (di bawah) ri-pandhan (êri pandhan), grènèng (grènèng ) uga (juga) nèng (ada di) ngandhap (bawah) ri-pandhan (êri pandhan) iku (itu), dhapur (bentuk) kadi (seperti) aksara (huruf) dha (huruf Jawa dha), tumurun (menurun) rupane (bentuknya) sami(sama). Yang disebut êri pandhan di ujung ganha ada di bawah letaknya, seperti kepala huruf ma itu, thingil di bawah êri pandhan, grènèng juga di bawah êri pandhan itu, bentuknya seperti huruf dha menurun bentuknya sama.
Êripandhan letaknya di ujung ganja, di bawahnya. Bentuknya seperti kepala huruf Jawa ma. Yang disebut thingil letaknya di bawah êri pandhan. Grènèngjuga terletak di bawah êri pandhan, bentuknya seperti jajaran huruf dha.
Menurut Ensiklopedi Keris,greneng merupaan bagian bawah keris yang berada di sis belakang, berseberangan dengan gandhik. Jika greneng bersusun sampai pada bilah keris disebut greneng sungsun atau greneng robyong.
Tanda panah adalah greneng (Ensiklopedi Keris)
Para greneng ini terdapat beberapa ricikan keris yang lain, seperti; ron dha, ron dha nunut, eri pandhan, genukan,kanyut dan buntut mimi.
Bagian-bagian greneng (Ensiklopedi Keris)
Kang (yang) ingaran (disebut) ada-ada (ada-ada), kang (yang) dumunung (terletak) ing (di) têngah (tengah) bênêr (tepat) kêris(keris), ing (di) sor-soran (bagian bawah) têkèng (sampai di) pucuk (puncak), dhapure (bentuknya) kadi (seperti) sada (lidi). Yang disebut ada-ada terletak tepat di tengah keris, dari bagian bawah sampai di puncak.
Ada-ada letaknya tepat di tengah, mulai dari keris bagian bawah sampai ke puncak keris. Bentuk ada-ada menggaris seperti lidi di sepanjang bilah keris. Fungsi ada-ada adalah untuk penguat (pengaku) bilah keris. Tidak semua keris mempunyai ada-ada, sebagiannya rata dan sebagiannya nglimpa.
Tanda panah menunjukkan ada-ada (Ensiklopedi Keris)
Gusèn (gusen) iku (itu) pinggir (pinggir) wilah (bilah) dunungipun (letaknya), ing (di) wuri (belakang) miwah (serta) ing (di) ngarsa (depan), saking (dari) sor-soran (bagian bawah) witnèki (mulainya), nganti (sampai) mèh (hampir) tumêkèng (sampai di) pucak (puncak). Gusèn itu di pinggir bilah letaknya, di belakang serta di depan, dari mulai bagian bawah keris sampai hampir sampai di puncak.
Gusèn adalah bagian pinggir keris, letaknya mulai dari bagian bawah keris memanjang sampai hampir di puncak keris. Gusen merupakan daerah sempit yang dibatas oleh ricikan keris yang disebut lis-lisan. Jadi keris yang tidak mempunyai lis juga tidak mempunyai gusen.
De (adapun) kang (yang) aran (disebut) kruwingan (kruwingan) dunungnèki (letaknya), nèng (ada di) ngarsa (depan) myang (dan) wingkingipun (belakangnya), kang (yang) aran (disebut) ada-ada (ada-ada), jroning (di dalam) gusèn (gusèn) lêkok (lekuk) wrata (merata) wujudipun (bentunya),wit (mulai) sorsoran (bagian bawah) têkèng (sampai di) pucak (puncak). Adapun yang disebut kruwingan letaknya ada di depan dan belakang ada-ada, di dalam gusèn , lekuk merata bentuknya, mulai dari bagian bawah sampai di puncak.
Yang disebut kruwingan letaknya ada di depan dan belakang dari ada-ada, berada di dalam gusèn berbentuk lekuk merata di sepanjang keris mulai dari bagian bawah sampai ke puncak.
Kruwingan (Ensiklopedi Keris)
Dene (adapun) ingkang (yang) aran (disebut) êlis (lis), dumunung (letaknya) ana (ada) ing (di) ngarsa (depan), utawane (ataupun) dumunung (terletak) anèng (ada di) wuri (belakang), wujud (bentuknya) lêkok (lekuk) wiyaripun (lebarnya), kurang (kurang) luwih (lebih) sasada (selebar lidi), amung (hanya) iku (itu) riricikane (rincian) kang (yang) dhuwung (keris). Adapun yang disebut lis letaknya ada di depan ataupun di belakang, bentuknya lekuk, lebarnya kurang lebih selebar lidi, hanya itu rincian dari keris.
Yang disebut lis letaknya di depan ataupun di belakang, bentuknya lekuk dengan lebar kurang lebih selebar lidi. Selesai penjelasan bagian-bagian keris atau yang disebut ricikan (rincian) keris. Untuk lebih jelasnya penampakan berbagai ricikan keris tadi dapat dilihat dalam gambar di bawah.
Cêbolang (Cebolang) aris (pelan) turira (bicaranya), pamor (pamor) punika (itu) kang (yang) pundi (mana). Cebolang pelan bicaranya, pamor itu yang mana?
Mas Cebolang setelah mendengarkan penjelasan tentang bagian-bagian keris secara rinci masih ingin tahu lebih banyak. Dia lalu menanyakan tentang pamor keris.
Pada bait berikutnya empu keris Ki Anom Mantaram akan menjelaskan tentang pamor. Tetap ikuti kajian bait-bait berikutnya
Alhamdulillah
BalasHapus